Wednesday 18 March 2015

Zaman Keemasan Islam

Dalam hal bidang pendidikan, yang merupakan hasil dari kebesaran peradaban islamdiantaranya adalah  Kuttab, halaqoh-halaqoh, masjid hingga menjadi madrasah. Dibawah ini saya akan coba uraikan penjelasannya :
A. Kuttab

Kuttab itu sendiri merupakan istilah yang dikenal di jazirah Arab sebelum pra islam, serta berfungsi sebagai lembaga pendidikan terutama dalam hal pengajaran tulis-baca. Dimana pada mulanya, pendidikan bermodelkan Kuttab itu sendiri hanya berlangsung di rumah para guru.

Terdapat dua jenis Kuttab dalam sejarah peradaban islam, yang pertama adalah Kuttab yang berfungsikan mengajar tulis-baca dengan teks dasar puisi-puisi Arab. Sedangkan Kuttab Jenis kedua adalah berfungsi sabagai tempat pengajaran al-qur’an dan dasar-dasar agama islam.Kuttab itu sendiri menjadi hal yang terpenting manakala dibutuhkan untuk pencatatan wahyu yang diterima oleh Rasulullah SAW.

B. Masjid

Masjid pada masa islam klasik mempunyai fungsi jauh lebih besar dan bervariasi dibanding dengan fungsinya yang sekarang. Karena pada masa islam klasik, masjid selain sebagai tempat sarana beribadah, juga menjadi pusat kegiatan sosial dan politik umat islam. Dan jauh lebih dari itu masjid yang tak kalah pentingnya adalah merupakan sebuah lembaga yang mengajarkan didalamnya tentang masalah pendidikan. Salah satu masjid terpenting sejak awal islam adalah masjid Nabi atau Nabawi yang dibangun oleh Nabi ketika beliau pertama kali hijrah ke Madinah. Dimana di masjid Nabawilah muncul sekelompok para sahabat yang hanya menghabiskan waktunya untuk beribadah dan belajar yang kemudian disebut dengan ‘ashhab al-shuffah’.Dalam sejarah islam telah dikenal dua type masjid, yang pertama adalah Masjid Jami’, dan yang kedua adalah Masjid. Dimana terdapat perbedaan antara keduanya baik dalam fungsinya sebagai tempat ibadah maupun sebagai lembaga pendidikan.

Masjid Jami’ adalah masjid yang digunakan sebagai tempat melaksanakan ibadah jum’at, sedangkan masjid hanya digunakan sebagai ritual ibadah lainnya, selain Jum’at. Masjid Jami’ didirikan langsung oleh penguasa (khalifah, amir atau sultan), atau oleh orang lain yang mendapat izin resmi dari pemerintah. Sementara masjid biasanya didirikan oleh sekelompok muslim atau seseorang individu untuk memenuhi kebutuhan khusus kelompoknya. Dalam hal ini pendirian masjid tidak membutuhkan izin dari pemerintah. Dan karena pendirian masjid jami’ ini resmi didirikan oleh pemerintah, maka tentu berbeda pula dalam hal fungsi pendidikannya mulai dari masalah pengangkatan guru juga gaji guru semuanya diatur dan ditentukan oleh negara.

C. Madrasah

Madrasah merupakan satu bangunan tempat kegiatan pendidikan tinggi berlangsung. Juga merupakan hasil evolusi dari masjid sebagai lembaga pendidikan. Sehingga dari sini madrasah dapat dianggap sebagai satu jawaban lanjutan bagi mesin pendidikan islam yang semakin maju.

Pembicaraan mengenai sejarah madrasah selalu dikaitkan dengan nam Nizham Al-Mulk, ia adalah salah seorang wazir Dinasti Saljuk, yang dengan usahanya ia berhasil membangun sejumlah besar madrasah yang disebut dengan Madrasah Nizhamiyah di berbagai kota utama daerah kekuasaan saljuk.


No comments:

Post a Comment