Friday 17 April 2020

TQM (Total Quality Management) dan SIM

Total Quality Management (TQM) yaitu pengelolaan kualitas yang mengukur keberhasilan sampai yang sekecil-kecilnya. Prinsif TQM yaitu ada ukuran-ukuran atau standar-standar tertentu sebagai acuan, serta adanya target keberhasilan yang ingin di capai. Dalam TQM, prilaku harus menjadi nilai budaya yang dilaksanakan dalam tiap tahapan.
Sistem Informasi Manajemen terdiri dari kata system, informasi dan manajemen. System adalah sekumpulan unsur yang secara bersama-sama untuk menghasilkan tujuan/produk tertentu, informasi yaitu pengetahuan tentang sesuatu dan manajemen adalah pengelolaan atau penatalaksanaan yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerak dan pengendalian.
Data adalah fakta-fakta mentah, termasuk kumpulan angka dan huruf serta kumpulan kata-kata yang yang belum mengandung arti. Sedangkan informasi adalah data atau sekumpulan data yang telah di interveritasi atau mengandung arti. Contoh : 72 belum menjadi data karena belum jelas, tetapi 72 kg atau 72 meter itu baru disebut data, karena 72 tersbut menunjukan berat dan jarak.
Komponen SIM terdiri dari Hardware, Software, Dataware, Brainware dan netware. Hardware adalah perangkat keras computer yang dapat dilihat dan diraba. Software yaitu komponen atau piranti computer yg tidak dapat dilihat atau diraba. Dataware yaitu sub-sistem yang berkaitan dengan pengumpulan, pengelolaan, penyimpanan, pengadministrasian, dan penyajian serta pemanfaatan data. Brainware adalah sub system yang berkenaan dengan SDM yang merancang, mengoprasikan, menggunakan dan memanfaatkan informasi. Sedangkan netware yaitu sub system yang berkaitan dengan system jaringan atau komunikasi data.
Siklus pemerosesan data terdiri dari 4 operasi yaitu input, prosess, output dan storage. Input adalah tahap pengubahan data masukan yang diberikan oleh pengguna menjadi sinyal listrik digital agar dapat diproses oleh computer secara elektronik. Prosess adalah pengolahan data menjadi informasi secara elektronik. Operasi output adalah tahap mengubah sinyal listrik menjadi bentuk tampilan yang dapat ditangkap oleh indra pengguna. Sedangkan storage adalah kegiatan penyimpanan data dalam sebuah piranti pengingat atau yang lebih dikenal dengan istilah memory.
Perinsip kerja computer terdiri dari : Input unit, Prossesor Unit, Main Memory, Control Unit dan Output Unit serta Auxiliary Memory. Input unit berfungsi untuk mengubah data yang akan diolah menjadi sinyal listrik. Prosessor unit yaitu rangkaian elektronik yang melakukan pemerosesan data. Main memory adalah bagian dari prosessor unit yang menyimpan data. Control unit adalah bagian computer yang bekerja secara elektronik mengontrol urutan kerja dari semua unit. Output unit yaitu piranti keluaran dari sebuah computer yang dapat menyajikan hasil pemerosesan informasi dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh panca indra manusia.  Sedangkan Auxialiary memory berfungsi menyimpam instruksi dan data ketika akan digunakan oleh prosess unit.


No comments:

Post a Comment