Friday 17 April 2020

Perencanaan Pendidikan

Menurut Roger A Kaufman (1972) Perencanaan merupakan proses penentuan tujuan atau sasaran yang hendak dicapai dan menetapkan jalan dan sumber yang diperlukan untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif. Terdapat beberapa model perencanaan diantaranya 1) model perencanaan konfrehensif yang digunakan untuk menganalisis perubahan – perubahan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan. 2) model costing ( pembiayaan ) yang digunakan untuk menganalisis proyek-proyek dalam  kriteria efisien dan efektifitas ekonomis. 3) model PPBS (planning, programing, budgeting system ) digunakan sebagai pendekatan sistematis untuk menetapkan tujuan, mengembangkan program, menemukan besarnya biaya dengan menggunakan proses penganggaran.
Ada 3 kegiatan dalam perencanaan yaitu 1) perumusan tujuan, pemilihan program 3) identifikasi dan pengerahan sumber. Adapun meneurut jangka waktunya perencanaan dibagi kedalam 3 bagian yaitu 1) perencanaan jangka pendek 2). Perencanaan jangka menengah 3). Perencanaan jangka panjang. Dalam perencanaan kita harus memegang prinsif ; apa, dimana, kapan, bagaimana, siapa dan mengapa.

Sedangkan untuk metode yang digunakan dalam perencanaan antara lain 1)  metode mean – way and analysis ( analisis alat/cara tujuan ). 2) metode input-output analysis ( analisis masukan dan keluaran ). 3) metode econometric analysis ( analisis ekonometrik ). 4)  metode couse-effect diagram ( diagram sebab akibat ). 5) metode delphi. 6) metode heuristik. 7) metode life-cycle analysis ( analisis siklus kehidupan ). 8) metode value added analysis ( analisis nilai tambah ).

Beberapa jenis perencanaan dalam pendidikan 1) meneurut besarnya (perencanaan makro, meso dan mikro). 2) menurut tingkatannya ( perencanaan strategik, koordinatif dan operasional ). Hal yang paling penting dalam perencanaan adalah data dan informasi,  memperhatikan sifat konsis di masa yang akan datang, analisis data, penentuan alternative, cara yang terbaik, pelaksanaan dan evaluasi.



No comments:

Post a Comment