Friday 17 April 2020

Jenis-jenis System Informasi dan Kerangka kerja Tim dalam Manajemen Pendidikan

Jenis – Jenis Sistem Informasi antara lain :1) Sistem operasional, 2) Sistem informasi manajemen (pengawasan, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan), 3) Sistrem Pendukung keputusan (DSS) yaitu system yang menghasilkan alternative beserta konsekuensinya, 4) Sistem Pakar ( expert Sistem ) yaitu sebuah sistm informasi yang menggantikan peran pakar/pengendali sistem misalnya E-Dokter dan lain – lain.
Kerangka Kerja Team dalam Manajemen Pendidikan antara lain :1) Hakikat team kerja dalam lembaga pendidikan. 2) Komunikasi organisasi dalam lembaga pendidikan. 3) Penciptaan hubungan harmonis dalam organisasi. Team adalah sebagai individu dalam organisasi  yang bekerja secara sinergis untuk mencapai tujuan organisasi.
Syarat Sebuah Tim : 1) Terbentuk secara terencana. 2) Memilih tujuan bersama. 3) Memiliki kompetensi. 4) Terdapat retribusi peran tugas. 5) Terlaksana peran dan tugas, tanggungjawab dan wewenang masing-masing anggota semua bersinergis.
Resiko yang dapat dihadapi melalui Kerjasama Tim antara lain : 1) Beban psikologis anggota tim lebih rendah. 2) Anggota tim bekerja lebih fokuspada tanggungjawabnya. 3) Keterbatasan masing – masing individu dapat teratasi melalui kerja sama.
Lima Tahap Pembentukan Tim antara lain : 1)Pembentukan tim, 2) Komplikresolution ( menghilangkan konflik supaya tim lebih kompak). 3) Pemantapan norma tim. 4) Berprestasi. 5) Pembubabaran tim.
Menciptakan hubungan harmonis dalam tim : 1) Pemberdayaan secara terarah dan terpadu. 2) Pemberian kepercayaan dan tanggung jawab. 3) Penciptaan system komunikasi organisasi yang kondusif.
Permasalahan internal yang menghambat kemajuan tim : 1) Berfikir jangka pendek. 2) Fokus yang tidak terarah. 3) Terdapat konflik internal. 4) Mengaburkan fakta. 5)  rasa takut yang berlebihan. 6) Tidak memperhatikan kepentingan pelanggan.
Kepemimpinan yang berkualitas merupakan kepemimpinan yang menekankan pada pencapaian hasil. Permasalahan yang ada diseslesaikan tidak hanya ditutup.
Rantai Reaksi Deming : Tingkatkan kualitas à Turunkan biaya à Tingkatkan produktivitas à Tekan harga à Tingkatkan pasar à Bertahan dalam bisnis à Sediakan lapangan kerja à Kembali ke investasi.
Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Berorientasi Kualitasantara lain : 1) Fokus pada pelanggan. 2) Obsesi dengan kualitas. 3) Mengakui struktur kerja. 4) Kebebasan melalui kendali. 5) Bersatu dalam tujuan. 6) Menemukan kesalahan dalam sistem. 7)  Kerja team. 8) Pendidikan dan pelatihan berkelanjutan.
Hukum Perubahan Organisasi:1)Fahami apa yang menyebabkan terjadinya masalah dan harus dirubah. 2) Kecuali perubahan, segala sesuatunya akan tetap. 3) Perubahan akan menjadi lebih mudah jika mendengarkan semua pihak. 4) Orang tidak menolak perubahan, tetapi mereka menolak untuk dirubah.


No comments:

Post a Comment