Jenis – Jenis Sistem Informasi antara lain :1) Sistem
operasional, 2) Sistem informasi manajemen (pengawasan, perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan), 3) Sistrem Pendukung
keputusan (DSS) yaitu system yang menghasilkan alternative beserta
konsekuensinya, 4) Sistem Pakar ( expert Sistem ) yaitu sebuah sistm informasi
yang menggantikan peran pakar/pengendali sistem misalnya E-Dokter dan lain –
lain.
Kerangka Kerja Team dalam Manajemen Pendidikan antara lain :1) Hakikat team kerja dalam lembaga pendidikan. 2) Komunikasi
organisasi dalam lembaga pendidikan. 3) Penciptaan hubungan harmonis dalam organisasi.
Team adalah sebagai individu dalam organisasi
yang bekerja secara sinergis untuk mencapai tujuan organisasi.
Syarat Sebuah Tim : 1) Terbentuk secara terencana. 2) Memilih tujuan bersama. 3)
Memiliki kompetensi. 4) Terdapat retribusi peran tugas. 5) Terlaksana peran dan
tugas, tanggungjawab dan wewenang masing-masing anggota semua bersinergis.
Resiko yang dapat dihadapi melalui Kerjasama Tim antara lain : 1) Beban psikologis anggota tim lebih rendah. 2) Anggota tim
bekerja lebih fokuspada tanggungjawabnya. 3) Keterbatasan masing – masing
individu dapat teratasi melalui kerja sama.
Lima Tahap Pembentukan Tim antara lain : 1)Pembentukan tim, 2) Komplikresolution ( menghilangkan
konflik supaya tim lebih kompak). 3) Pemantapan norma tim. 4) Berprestasi. 5) Pembubabaran
tim.
Menciptakan
hubungan harmonis dalam tim : 1) Pemberdayaan
secara terarah dan terpadu. 2) Pemberian kepercayaan dan tanggung jawab. 3) Penciptaan
system komunikasi organisasi yang kondusif.
Permasalahan internal
yang menghambat kemajuan tim : 1) Berfikir
jangka pendek. 2) Fokus yang tidak terarah. 3) Terdapat konflik internal. 4)
Mengaburkan fakta. 5) rasa takut yang
berlebihan. 6) Tidak memperhatikan kepentingan pelanggan.
Kepemimpinan yang
berkualitas merupakan kepemimpinan yang menekankan pada pencapaian hasil.
Permasalahan yang ada diseslesaikan tidak hanya ditutup.
Rantai Reaksi
Deming : Tingkatkan kualitas à Turunkan biaya à Tingkatkan produktivitas à Tekan harga à Tingkatkan pasar à Bertahan dalam bisnis à Sediakan lapangan kerja à Kembali ke investasi.
Prinsip-Prinsip
Kepemimpinan Berorientasi Kualitasantara lain : 1) Fokus pada
pelanggan. 2) Obsesi dengan kualitas. 3) Mengakui struktur kerja.
4) Kebebasan melalui kendali. 5) Bersatu dalam tujuan. 6) Menemukan kesalahan
dalam sistem. 7) Kerja team. 8) Pendidikan
dan pelatihan berkelanjutan.
Hukum Perubahan
Organisasi:1)Fahami apa yang menyebabkan terjadinya
masalah dan harus dirubah. 2) Kecuali perubahan, segala sesuatunya akan tetap.
3) Perubahan akan menjadi lebih mudah jika mendengarkan semua pihak. 4) Orang
tidak menolak perubahan, tetapi mereka menolak untuk dirubah.
No comments:
Post a Comment