Sunday 19 April 2020

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Landasan filosofis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) secara umum adalah cara hidup masyarakat. Maksudnya jika ingin reformasi pendidikan itu sukses maka reformasi tersebut harus berakar pada cara dan kebiasaan hidup warganya.
Di Indonesia pendidikan nilai yang dominan adalah pendidikan kewarganegaraan dan pendidikan agama. Kedua mata pelajaran tersebut mempunyai peran yang penting untuk tetap menumbuhkembangkan tanggung jawab bersama di dalam suatu kehidupan masyarakat baik masyarakat lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidikan nilai yang diharapkan berpeluang untuk terwujud dengan diterapkannya MBS. Hal ini, mengingat MBS dengan dukungan masyarakat berupaya memperkuat jati diri peserta didik dengan nilai-nilai sosial budaya setempat, mensinergikannya dengan nilai-nilai kebangsaan dan kemanusiaan serta nilai-nilai yang dianut.
Manfaat Penerapan MBS dalam Pendidikan, diantaranya yaitu :
1. Meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kemandirian, fleksibilitas, partisifasi, keterbukaan, kerjasama, akuntabilitas, sustainabilitas, dan inisiatif sekolah/madrasah dalam mengelola, memanfaatkan, dan memberdayakan sumberdaya yang tersedia.
2. Meningkatkan kepedulian warga sekolah/madrasah dan masyarakat dalam menyelenggarakan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama.
3. Meningkatkan tanggung-jawab sekolah/madrasah kepada orang tua, masyarakat, dan pemerintah untuk meningkatkan mutu sekolah/madrasah.
4. Meningkatkan kompetesi yang sehat antara sekolah/madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan

No comments:

Post a Comment